Isi Ulang Refill APAR - Alat Pemadam Api Ringan

Alat Pemadam Api Ringan - APAR
alat-pemadam-api-ringan-APAR


Alat Pemadam Api Ringan (APAR) - Pengertian, Media Pengisi, Isi Ulang Refill APAR


Pengertian APAR

Alat pemadam api adalah alat perlindungan kebakaran aktif yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil, umumnya dalam situasi darurat. Pemadam api tidak dirancang untuk digunakan pada kebakaran yang sudah tidak terkontrol, misalnya ketika api sudah membakar langit-langit. Umumnya alat pemadam api terdiri dari sebuah tabung ber tekanan tinggi yang berisi bahan pemadam api. (sumber dari wikipedia).

Alat Pemadam Api Ringan atau APAR saat ini menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk usaha anda, karena dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama untuk memadamkan api dan mengurangi resiko kebakaran terlalu besar. Begitu banyak yang menjadi korban dan berapa asset yang hilang dalam usaha anda. Kini dengan hadirnya kami, yang juga melayani isi ulang atau refill APAR, anda bisa mengurangi resiko tersebut. Amankan harta dan properti anda dari api, selalu pastikan Alat pemadam api di kantor, gedung, pabrik dan rumah anda berfungsi dengan baik. Untuk mengetahui tentang terjadinya api dan cara memadamkannya dapat anda pelajari pada Teori Segitiga Api.

Alat Pemadam Api Ringan atau APAR merupakan alat pemadam kebakaran yang mudah untuk dibawa dan dapat dioperasikan satu orang. yang dilengkapi Alat Pengukur Tekanan (Pressure Gauge) yang berfungsi untuk menunjukkan tekanan pada tabung. Hal tersebut dapat membantu memudahkan kita untuk dapat mengontrol kinerja dari tabung pemadam. Untuk ukurannya Alat Pemadam Api Ringan atau APAR memiliki berat dari 1-9 Kg. Khusus untuk Tabung Pemadam Api berisi Carbon Dioxide memiliki berat 2-7 Kg (Standar).


Media Pengisi

APAR berdasarkan jenis dengan media pengisi sebagai berikut :
  1. Dry Powder.
  2. CO2.
  3. FOAM.
  4. Halon.

1. DRY POWDER (Bubuk Kering).

Dry Powder terdiri dari partikel halus berbagai bahan kimia yang dibuat untuk tujuan memadamkan api . ABC Dry Powder (Amonium Hydro Phospate) sangat ideal digunakan untuk memadamkan berbagai kasus kebakaran di lingkungan dengan berbagai resiko. Dengan kemampuan pemadaman kebakaran Kelas C. Dry Powder adalah yang paling efektif pada kebakaran yang melibatkan gas yang mudah meledak.

2. CO2 (Karbon Dioksida).

Karbon dioksida memadamkan api dengan memisahkan element oksigen pada api. Sekaligus melepaskan media yang sangat dingin untuk menekan panasnya api. Karbon dioksida cocok digunakan untuk kebakaran kelas B dan C. Kurang efektif untuk kebakaran kelas A.

3. FOAM (Busa).

Foam paling efektif pada kebakaran Kelas B (cairan yang mudah terbakar). Dan cukup efektif untuk kebakaran Kelas A (bahan padat). Foam tidak boleh digunakan untuk memadamkan api Kelas C (gas, kimia dan listrik). Karena mengandung kadar air yang bersifat menghantar listrik. Dapat untuk digunakan pada kebakaran Kelas D (logam).

4. HALON (Clean Agent).

Clean Agent atau Halogenated adalah pemadam yang terdiri dari media HALON yang cukup baru. Mengandung halocarbon yang tidak berbahaya bagi penipisan ozon. Media ini memadamkan api dengan menginterupsi reaksi kimia pada elemen-elemen api.  Beberapa alat pemadam clean agent berukuran besar umumnya dapat digunakan untuk kebakaran kelas A, B dan C.


Cara menggunakan APAR  yang baik dan benar:

  1. Tabung pemadam api kita ambil pada tempatnya.
  2. Cabut pin pengaman yang terletak di atas valve alat pemadam.
  3. Pegang selang tabung APAR pada ujung selang pemadam tersebut.
  4. Tekan tuas alat pemadam api sampai full.
  5. Usahakan berdiri di jarak 3 meter dan perlahan lahan maju hingga api mulai padam.
  6. Arahkan alat pemadam kebakaran pada yang telah ditekan full ke titik api.

Setelah itu yang terpenting cukup kita lihat arah mata angin, apinya mengarah atau bertiup ke arah mana. (Kita Harus Berdiri Satu Arah Dengan Arah Angin).

Untuk penjelasan lengkap mengenai Cara Penggunaan APAR dapat dibaca di sini >>>


Isi Ulang APAR

Jika anda yang berlokasi di Jakarta, Depok, Bekasi, Cibitung, Cikarang, Karawang dan sekitarnya. Dan memerlukan pelayanan  pengisian APAR, pembelian APAR dan alat pemadam kebakaran lainnya dapat menghubungi :


Alat Pemadam Api Ringan - APAR

 

Atau ikuti Official Account kami di:

Instagram : @isiulangaparmurah



Isi Ulang Refill APAR di


Tidak ada komentar:

Posting Komentar